Jumat, 18 Desember 2020

Tujuan Orang Melanjutkan Kuliah

Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan seseorang di masa mendatang. Semakin tinggi tingkat pendidikan yang diraih, maka peluang untuk meraih sukses pun semakin besar. Inilah yang menjadi alasan mengapa sebagian lulusan SMA/SMK lebih memilih untuk melanjutkan kuliah.

Kuliah merupakan suatu proses pembelajaran tingkat lanjut di mana untuk menentukan pilihan jurusan program pembelajaran. Dalam pemilihan jurusan kuliah biasanya telah melalui berbagai macam pertimbangan, di antaranya yaitu pertimbangan minat dan bakat.

(Baca juga : penyebab sarjana banyak yang menganggur setelah lulus kuliah)

Berikut ini merupakan beberapa tujuan seseorang untuk kuliah :

1. mencari ilmu

2. menambah teman

3. mencari pacar

4. mencari pergaulan

5. meningkatkan minat bakat

6. mendapat nilai

7. mendapat wawasan

Pengorbanan yang dikeluarkan seseorang untuk kuliah tidaklah sedikit. Dia harus rela menghabiskan banyak waktu, biaya, tenaga, dan sebagainya. Hal itu diperlukan dalam rangka untuk meraih suatu impian yang diinginkan, yaitu menjadi seorang sarjana dan bisa bekerja sebagai seorang ahli.

(Baca juga : alasan perusahaan lebih memilih freshgraduate untuk direkrut menjadi karyawan)

Pada awal perjalanan kuliah memang terasa cukup menyenangkan, karena banyak menerima pengalaman hidup dan teman baru dari berbagai suku bangsa. Namun, semakin mendekati semester - semester akhir, kita akan merasa jenuh dan ingin segera lulus dan bekerja.

Kuliah bukan hanya sekedar rutinitas biasa, karena kuliah adalah proses dalam membentuk diri kita menjadi apa yang kita inginkan di masa mendatang. Di sisi lain mahasiswa dihadapkan pada pilihan antara idealis dengan ketatnya persaingan di dunia kerja.

Itulah beberapa tujuan seseorang ingin melanjutkan kuliah terlebih dahulu daripada bekerja. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar