Selasa, 20 Agustus 2019

Cara Melamar Pekerjaan Yang Efektif


Setelah lulus dan menyandang gelar fresh graduate, tentu kita menginginkan agar segera mendapatkan pekerjaan. Hal itu juga berlaku bagi para pekerja professional yang resign dari perusahaan tempat bekerja sebelumnya, dalam mencari pekerjaan, tahap awalnya yaitu dimulai dengan cara membuat lamaran kerja kemudian mengirimkan lamar kerja ke perusahaan yang ingin kita tuju. Oleh sebab itu sebagai seorang pelamar kerja tentunya harus terlibat aktif dan memastikan bahwa lamarannya tepat sasaran.
(baca juga : cara membuat curriculum vitae yang unik dan menarik HRD)
Lamaran kerja yang kita kirim harus efektif sampai ke pihak HRD agar segera direspon. Tentu saja dalam mengirim surat lamaran kerja tersebut, perlu mengetahui tips atau cara jitu agar lamaran kita cepat mendapat respon HRD. Bagaimana cara melamar kerja yang efektif agar segera mendapat respon dari HRD? Berikut ini akan saya bagi tipsnya berdasarkan pengalaman pribadi.
1. Melamar kerja melalui orang dalam
Dengan dibantu oleh orang dalam atau kenalan kita yang bekerja di perusahaan yang dituju, harapan kita untuk mendapatkan respon panggilan kerja akan lebih besar. Sebab, orang dalam secara langsung akan menjelaskan kepada atasannya ataupun pemilik perusahaan bahwa dia memiliki teman yang sedang membutuhkan pekerjaan. Atasan ataupun pemilik perusahaan tentunya akan lebih percaya kepada si calon pelamar kerja karena dia adalah teman baik karyawannya di perusahaan.
(baca juga : cara meyakinkan HRD agar mau merekrut kita)
2. Melamar kerja dengan menghubungi nomer HRD yang tertera (whatsapp)
Bila pada lowongan pekerjaan terdapat nomer HP atau nomer whatsapp HRD, langsung saja hubungi dengan cara menulis chat ke nomer tersebut. Kemudian jelaskan skill atau kemampuan kita yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan tersebut. Jika HRD sudah membalas dan meminta kita untuk segera mengirim lamaran, maka segeralah saat itu juga mengirimnya. Kemudian jangan lupa konfirmasi ke HRD setelah anda mengirim lamaran tersebut. HRD adalah orang yang sibuk karena email dan meja kerjanya penuh dengan cv dan surat lamaran kerja. Oleh sebab itu, metode ini cukup jitu dan efektif untuk segera mendapatkan respon positif.
3. Melamar kerja melalui jobfair (pameran kerja)
Jobfair adalah event dimana perusahaan – perusahaan nasional membuka peluang kerja secara serentak di satu tempat. Oleh karena itu jobfair adalah momen yang tepat untuk mengirimkan lamaran kerja ke stan – stan perusahaan yang kita tuju. Kelebihan jobfair adalah kita bias berkomunikasi langsung dengan HRD yang berjaga di stan perusahaannya masing – masing. Manfaatkanlah waktu untuk bertanya mengenai lowongan pekerjaan tersebut, mengenai jobdesc, penempatan, tempat test, tahapan test, dan jenjang karirnya.
(baca juga : seputar teknik industri)
4. Melamar kerja melalui website resmi
Jika perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja memiliki website resmi, maka bias kita coba untuk mengirimkan lamaran kerja melalui website tersebut. Dengan kita melamar kerja melalui website resminya, tentu database kita akan tersimpan, tidak seperti jika kita mengirim lamaran kerja via email

Tidak ada komentar:

Posting Komentar