Kamis, 17 Desember 2020

Profil PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia (SAMI) - Yazaki Corporation

PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia (SAMI) adalah bagian dari grup perusahaan Yazaki corporation milik Jepang yang bergerak di bidang produksi kabel untuk mobil-mobil ternama. PT. SAMI telah memiliki tiga pabrik, yang pertama di daerah Tugu Semarang, yang kedua di daerah Bergas Kabupaten Semarang, dan yang ketiga di daerah Mayong Kabupaten Jepara.

Ibarat syaraf pada manusia, rangkaian kabel pada mobil adalah sparepart yang sangat penting dan menentukan performa kinerja mobil maupun keselamatan kerja. Kabel ''syaraf'' tersebut telah diekspor ke pabrik-pabrik perakitan mobil di seluruh dunia.

''Syaraf'' mobil yang diproduksi PT SAMI adalah kabel jenis Wiring Harness yang memiliki fungsi bermacam-macam seperti untuk airbag, body front harness, door harness, engine harness, dan sebagainya.

Fungsi kabel syaraf pada mobil sama dengan fungsi sistem syaraf pada manusia, yaitu Wiring Harness mempunyai fungsi untuk menyampaikan perintah kelistrikan pada mobil.

(Baca juga : profil PT. Polytron)

PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia (SAMI) telah memperkerjakan 2.654 orang di pabrik Jepara. PT SAMI sendiri khusus memproduksi kabel syaraf mobil dan mengekspor ke Toyota Jepang, Mazda Thailand, dan Honda Amerika Serikat. 

PT. SAMI termasuk dalam kategori industri padat karya, yang menarik, dimana 90 % bahan baku ternyata dari dalam negeri. Selain itu PT. SAMI telah berhasil melakukan penyerapan tenaga kerja yang cukup banyak sekitar 4.000 - 5000 orang. Yang menarik dari PT. SAMI yaitu pabrik suku cadang mobil ternyata justru di bangun di Jawa Tengah yang secara letak jauh dari pabrik perakitan industri otomotif.

Perluasan PT SAMI di Jepara telah dimulai sejak tahun 2013 dengan kapasitas produksi 3,2 juta pcs Wiring Harness Assy. Bahan baku yang digunakan 90% lokal seperti kabel dan 10% impor seperti connector dan terminal.

(Baca juga : pengalaman kerja di pabrik Jepang)

Itulah profil singkat mengenai PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia (SAMI), terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Bila teman - teman ada yang berminat untuk berkarir di perusahaan tersebut, tidak ada salahnya untuk melamar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar