Kamis, 10 Oktober 2019

Perbedaan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri

Otak merupakan bagian dari organ tubuh yang berfungsi untuk berfikir. Otak manusia dilindungi oleh tulang tengkorak. Otak manusia sendiri dibagi menjadi 2 bagian, yaitu otak sebelah kiri dan otak sebelah kanan. Pada tiap bagian otak memiliki fungsi yang berbeda dalam hal berfikir, sehingga memiliki spesialisasi tertentu.
Dominan Menggunakan Otak Kanan
Orang yang dominan menggunakan otak kanan lebih cenderung menggunakan kreativitas dalam memecahkan suatu masalah. Mereka banyak mengandalkan intuisi dan lebih cepat menangkap gambaran keseluruhan situasi. Pada intinya, orang yang banyak menggunakan otak kanan tidak detail oriented.
Otak kanan lebih banyak berfungsi dalam perkembangan emosi atau emotional quotient (EQ). Otak kanan biasanya dihubungkan dengan fungsi dalam pengendalian emosi dan sosialisasi, serta komunikasi dan interaksi dengan orang lain.
Berikut ini adalah cirri – ciri orang yang dominan menggunakan otak kanan.
1. Banyak berimajinasi
2. Sering melamun untuk mencari ide
3. Cenderung menyukai seni
4. Lebih sering menggunakan intuisi dalam memahami sesuatu
(baca juga : seputar teknik industri)
Dominan Menggunakan Otak Kiri
Orang yang dominan menggunakan otak kiri lebih memilih alasan yang logis untuk menentukan segala sesuatu yang lain. Mereka menggunakan logika rasional untuk mengidentifikasi penyebab masalah, kemudian berpikir bagaimana cara mengatasinya. Pada intinya, orang yang berfikir menggunakan otak kiri adalah detail-oriented.
Berikut ini adalah cirri – ciri orang yang dominan menggunakan otak kiri.
1. Lebih banyak melakukan kegiatan seperti membaca, menulis, menghitung
2. Lebih banyak berpikir menggunakan logika
3. Lebih ahli dalam matematika
4. Lebih mementingkan fakta
Otak kiri lebih banyak bekerja dalam mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan logika, berpikir, berbicara, kemampuan menulis dan membaca, serta kemampuan dalam bidang matematika.
Ini bisa disimpulkan bahwa otak kiri yang mengatur intelligence quotient (IQ) yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan proses belajar.
(baca juga : perbedaan antara bos dan leader)
Bagaimana dengan anda? Anda lebih dominan menggunakan otak kanan atau otak kiri? Secara pendidikan di Indonesia kita memang sering diajarkan menggunakan otak kiri seperti berhitung, menganalisa, dan sebagainya. Hal itu diajarkan sejak pendidikan sekolah dasar hingga SMA, atau bahkan sampai perguruan tinggi.
Kita dominan dilatih menggunakan otak kanan hanya ketika berada di masa taman kanak – kanak atau TK. Pada saat TK kita diajarkan bernyanyi, menggambar, bermain, bersosialisasi dan sebagainya yang berhubungan dengan berkembangan otak kanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar