Senin, 07 Oktober 2019

Alasan Perusahaan Lebih Memilih Fresh Graduate (Lulusan Baru)

Dewasa ini persaingan dalam mencari pekerjaan semakin ketat. Masing - masing orang berlomba - lomba untuk dapat bekerja di perusahaan terbaik dengan pendapatan yang tinggi.
Banyak perusahaan yang mencari calon karyawan dari para fresh graduate atau lulusan baru dari universitas. Mengapa begitu? Alasan perusahaan lebih memilih para mahasiswa yang baru lulus adalah karena lulusan baru dinilai masih muda, segar, aktif, cerdas dan sangat produktif. Bisa dikatakan bahwa para lulusan baru masih memiliki semangat terjun ke dunia kerja yang berapi-api. Mereka rela bekerja dengan gaji yang terkadang tidak terlalu besar.
(baca juga : cara melamar kerja yang efektif)
Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Dengan pengalaman yang minim, namun memiliki semangat bekerja yang tinggi, membuat perusahaan lebih memilih calon pekerja dari fresh graduate dari pada calon pekerja yang berpengalaman. Fresh graduate memiliki sifat yang masih polos, kondisi tersebut menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk merekrut mereka. Perusahaan bisa menawarkan gaji sesukanya, dengan alasan status mereka yang belum memiliki pengalaman dalam bekerja.
Meskipun terkadang para fresh graduate diperbolehkan melakukan negosiasi gaji, namun negosiasi gaji tersebut nilainya tidaklah sebanyak gaji para pekerja yang sudah berpengalaman.
(baca juga : cara membuat curriculum vitae agar dilirik HRD)
Bila para fresh graduate diperbolehkan meminta gaji di atas UMR atau UMK kabupaten, hal itu disebabkan karena penghargaan dari perusahaan terhadap teori akademisi yang mereka kuasai. Dengan kemampuan pola berfikir yang jernih dan maju, para fresh graduate diharapkan mampu melakukan perbaikan, gebrakan maupun perubahan terhadap kinerja perusahaan.
Gebrakan tersebut misalnya seperti improvement tentang peningkatan produktivitas kerja (hasil produksi meningkat) maupun peningkatan efisiensi dalam bekerja (hemat waktu, biaya, dan tenaga).
(baca juga : cara meyakinkan HRD dan user agar tertarik untuk merekrut kita)
Seiring berjalannya waktu, para fresh graduate tersebut akan berkembang dengan sendirinya. Pengalaman bekerja di dalam perusahaan akan menjadikan skill atau kemampuan mereka meningkat. Perusahaan akan diuntungkan dengan hal ini.
Para fresh graduate yang sudah bekerja selain memiliki pengalaman, mereka juga memiliki kompetensi dalam hal akademisi yang dapat menunjang karir mereka di perusahaan. Para pimpinan perusahaan menyadari akan aset ini, selain peralatan produksi, mesin dan modal. Satu hal yang perlu disadari oleh para pimpinan perusahaan. Apabila para fresh graduate tersebut benar - benar memiliki performa bekerja di atas rata - rata, maka jagalah mereka. Minimal dengan cara menambahkan benefitnya (gajinya). Para fresh graduate yang sudah memiliki pengalaman, mereka cenderung akan mencoba mencari peluang baru di perusahaan yang lain. Alasannya adalah tawaran kerja yang lebih menjanjikan, misalnya dari gaji, tunjangan ataupun jabatan.
Jadi, jangan ragu untuk memberikan peluang jenjang karir kepada mereka yang dirasa memiliki performa kerja di atas rata - rata para karyawan yang lainnya.
(baca juga : seputar teknik industri)
Untuk para fresh graduate, selamat anda memiliki peluang untuk bisa bergabung dengan perusahaan yang menyediakan lowongan kerja. Bila sudah diterima, bekerjalah secara profesional agar value anda meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar