Selasa, 27 Agustus 2019

PT Pertamina

A. PROFIL PERUSAHAAN
PT Pertamina (dahulu bernama Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara) merupakan suatu BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Pada tahun 2013, PT Pertamina masuk urutan ke dalam 122 Fortune Global 500.
PT Pertamina telah mengoperasikan 7 kilang minyak dengan kapasitas total 1.051,7 MBSD, pabrik petrokimia dengan kapasitas total 1.507.950 ton per tahun serta pabrik LPG dengan kapasitas total 102,3 juta ton per tahun.
(baca juga : PT Astra International Tbk)
Kegiatan PT Pertamina terbagi menjadi 2, yaitu sektor Hulu dan Hilir yang didukung oleh anak-anak perusahaan dan perusahaan-perusahaan patungan.
1. Pertamina Hulu
Kegiatan usaha Pertamina Hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas, dan panas bumi.
PT Pertamina EP yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak di sektor hulu minyak dan gas
2. Pertamina Hilir
Kegiatan usaha Pertamina Hilir meliputi pengolahan, pemasaran & niaga dan perkapalan serta distribusi produk Hilir baik di dalam maupun keluar negeri yang berasal dari kilang Pertamina maupun impor yang didukung oleh sarana transportasi darat dan laut.
(baca juga : cara negosiasi gaji saat interview)
B. ANAK PERUSAHAAN PT PERTAMINA
Dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan, PT Pertamina didukung oleh anak perusahaannya. Di antaranya adalah sebagai berikut ini :
1. PT Pertamina EP
Bergerak di bidang pengolahan minyak dan gas bumi, meliputi kegiatan eksplorasi, eksploitasi serta penjualan produksi minyak dan gas bumi hasil kegiatan eksploitasi.
2. PT Pertamina Geothermal Energy
Bergerak di bidang pengelolaan dan pengembangan sumber daya panas bumi meliputi kegiatan eksplorasi dan eksploitasi, produksi uap dan pembangkit listrik, jasa konsultasi, konstruksi, operasi dan pemeliharaan serta pengembangan teknologi di bidang panas bumi.
(baca juga : seputar teknik industri)
3. PT Pertagas
Bergerak di bidang niaga, transportasi distribusi, pemrosesan dan bisnis lainnya yang terkait dengan gas alam dan produk turunannya.
4. PT Pertamina Hulu Energi
Bergerak di bidang pengelolaan usaha sektor hulu minyak & gas bumi serta energi baik dalam maupun luar negeri serta kegiatan usaha yang terkait dan atau menunjang kegiatan usaha di bidang minyak & gas bumi.
5. PT Pertamina EP Cepu
Bergerak di bidang eksplorasi, eksploitasi dan produksi di Blok Cepu.
6. PT Pertamina Drilling Services Indonesia
Bergerak di bidang pengelolaan dan pengembangan sumber daya jasa drilling meliputi eksplorasi dan eksploitasi baik migas maupun panas bumi.
7. PT Nusantara Regas
Bergerak di bidang pengelolaan dan pengembangan Fasilitas Storage and Regasification Terminal (FSRT) termasuk pembelian LNG dan pemasaran hasil pengelolaan FSRT.
8. PT Pertamina Patra Niaga
Bergerak di bidang teknologi, jasa perdagangan Non BBM serta industri di bidang pertambangan minyak dan gas bumi.
9. PT Pertamina Trans Kontinental
Bergerak di bidang operasi perkapalan meliputi supply vessels, tug boat, cargo vessels, keagenan dan pengelolaan dermaga KABIL di Pulau Batam.
10. Pertamina Energy Trading Limited (PETRAL)
Bergerak di bidang jasa niaga minyak mentah dan produk kilang lokasi usaha di Singapura.
11. PT Pertamina Retail
Bergerak di bidang retail SPBU, perdagangan BBM dan jasa pengangkutan BBM.
12. PT Tugu Pratama Indonesia
Bergerak di bidang jasa asuransi kerugian yang berkaitan dengan operasional industri migas dan marine hull.
13. PT Pertamina Dana Ventura
Bergerak di bidang jasa kegiatan modal ventura.
14. PT Pertamina Bina Medika
Bergerak di bidang jasa pelayanan kesehatan dan rumah sakit terletak di Jakarta dan sekitarnya, Cirebon, Balikpapan, Tanjung dan Prabumulih.
15. PT Patra Jasa
Bergerak di bidang hotel/motel, perkantoran dan penyewaan Real Property/Hotel.
16. PT Pelita Air Service
Bergerak di bidang jasa transportasi udara, penyewaan pesawat udara dan penerbangan terjadwal (reguler), menyelenggarakan usaha lain yang terkait atau menunjang kegiatan usaha.
17. PT Pertamina Training & Consulting
Bergerak di bidang pengembangan SDM, pengkajian dan konsultasi kesisteman manajemen dalam rangka menunjang kegiatan migas dan panas bumi.
18. PT Usayana
Bergerak di bidang drilling, work over, well service, teknik bawah air, ticketing, event organizer, perwismaan, perdagangan, properti, pengelolaan lapangan golf, gedung olahraga, SPBU, perbengkelan dan konsultan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar