Kamis, 03 Desember 2020

Bekerja Adalah Ibadah



Banyak dari kita yang belum menyadari bahwa bekerja adalah termasuk ibadah. Yang kita tahu tentang bekerja adalah agar mendapatkan penghasilan atau uang, dan bisa kita gunakan untuk membeli sesuatu guna mencukupi kebutuhan hidup sehari - hari. 

Jika bekerja merupakan suatu ibadah, tentu saja bekerja yang dimaksud adalah bekerja yang halal, seperti cara mendapatkan pekerjaannya tidak bertentangan dengan norma agama. Contoh dari pekerjaan yang melanggar norma agama yaitu menjual minuman keras, bekerja ynag bersinggungan dengan riba (pinjaman berbunga), bekerja di tempat perjudian ataupun prostistusi, dan sebagainya.

Sebagai seorang muslim, wajib bagi kita untuk mencari pekerjaan yang halal. Hal itu sudah tertulis dalam beberapa dalil yang bersumber dari Al-Qur'an maupun dari hadist nabi. 

Nabi Muhammad SAW dalam salah satu haditnya bersabda “Jika ada seseorang di antara kamu yang mengambil tali dan mengikatkan di punggungnya lalu kembali dengan membawa seikat kayu bakar di atas punggungnya dan menjualnya, sehingga dengan itu Allah memberinya kehormatan, itu lebih baik baginya daripada meminta-minta, baik diberi atau ditolaknya.” (HR. Bukhari).


Sedangkan dalam alquran, Allah SWT telah berfirman pada surat Al jum'ah ayat 10 sebagai berikut :

"Apabila telah ditunaikan sholat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung.” (QS. Al-Jum”ah : 10). 

Islam menempatkan bekerja sebagai bagian dari ibadah untuk mencari rezeki dari Allah guna menutupi kebutuhan hidupnya. Bekerja untuk mendapatkan rezeki yang halalan thayiban termasuk kedalam jihad di jalan Allah yang nilai sejajar dengan melaksanakan rukun Islam. Oleh karena itu, bekerja termasuk dalam ibadah yang menjadi kebutuhan setiap umat manusia. Bekerja yang baik dan bertanggung jawab adalah wajib sifatnya dalam Islam


Itulah pengertian mengenai bekerja adalah ibadah dalam pandangan Islam. Sebagai seorang muslim kita harus cerdas dalam memilih pekerjaan yang berkah untuk dunia dan akhirat. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa memberi manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar