Jumat, 02 Oktober 2020

Perbedaan Antara Marketing Dengan Sales

Banyak orang menyangka bahwa sales dan marketing itu sama. Padahal sales dan marketing adalah 2 tugas yang berbeda dalam suatu perusahaan. Sebelum kita mengetahui apa perbedaan antara sales dan marketing, kita harus memahami terlebih dahulu mengenai pengertian dari kedua kata tersebut. Bila diartikan secara harfiah, marketing berarti pemasaran, sedangkan sales berarti penjual. 

Sebenarnya dari pengertian tersebut kita sudah mengetahui apa perbedaannya. Marketing adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan nilai jual atau meningkatkan bisnis sebuah perusahaan.

Dalam praktiknya, menurut Hermawan Kartajaya, marketing memiliki tiga hal inti, yaitu positioning, differentiation dan brand. Atau dapat dikatakan, bahwa marketing adalah sebuah positioning, untuk differentiation dari brand yang kita miliki.

Sales bisa diartikan sebagai bagian dari sebuah perusahaan yang tugasnya adalah menjual. Mereka biasanya akan bertemu langsung dengan para pembeli atau konsumen.

(Baca juga : perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri)

Dalam pekerjaannya, mereka dituntut untuk memiliki sejumlah keterampilan. Di antaranya adalah keterampilan menjual, baik ke pengecer ataupun pengguna. Juga kemampuan untuk memastikan setiap produk dapat terjual sesuai dengan target harga dan target jumlah yang ditentukan oleh perusahaan.

Marketing (Pemasaran) dan sales (penjualan) itu seperti pasangan yang kadang berselisih pendapat, bertengkar, tapi saling membutuhkan.

Tim marketing yang baik harus bisa meyakinkan konsep  merek- nya kepada tim sales terlebih dahulu, sebelum menjualnya ke pasar. Hal ini tidak berarti bahwa Tim Sales adalah titik tumpu pengembangan ide. Semua tetap harus fokus pada target pasar. Peranan tim Sales adalah memberikan masukan kepada tim marketing.

(Baca juga : hubungan kerja antara marketing dengan PPIC)

Berkarir di pemasaran  banyak melibatkan analisa dan  pemahaman pasar,  hingga bertemu dengan beragam agensi, mulai dari riset sampai agency public relation,  juga terlibat di berbagai produksi, seperti sesi foto dan video shooting . Pulang malam sudah biasa buat Tim Marketing.

Berkarir di penjualan banyak bertemu orang dengan beragam latar belakang dan bertemu beragam kebudayaan, karena besar kemungkinan tim penjualan yang berprestasi akan dirotasi ke daerah lain. Tim Penjualan juga banyak menjamu klien atau pelanggan.

(Baca juga : cara melamar kerja yang efektif)

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar