Selasa, 10 September 2019

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Oleh Supervisor


Seorang supervisor diharapkan bisa melakukan kontrol terhadap bawahannya. Artinya seorang supervisor harus memahami peran masing-masing anggota timnya serta mampu untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan pekerjaan tersebut.
Supervisor yang baik harus mampu memberikan motivasi serta memastikan jika anggota timnya telah melakukan pekerjaan dengan baik demi tujuan bersama.
Berikut ini adalah keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang supervisor agar bisa mengelola kinerja timnya secara optimal :
1. Bisa Berkomunikasi Dengan Baik
Seorang supervisor harus bisa menjelaskan kepada bawahannya apa saja yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Hal itu bisa diinformasikan melalui briefing atau meeting.
Berbicara dengan semua anggota tim dan melakukan pertemuan dengan menjelaskan kepada mereka tentang masalah yang sedang dihadapi, progress yang telah dicapai, dan metode baru yang akan dijalankan.
(baca juga : pengertian total quality management / TQM)
2. Memiliki Kemampuan Teknis
Supervisor harus memiliki kemampuan teknis yang baik agar mampu mengawasi pekerjaan anggota timnya apakah sesuai standar dan prosedur atau tidak
Supervisor juga harus memiliki pengetahuan dan wawasan secara teknis pada setiap bidang pekerjaan yang diawasi. Supervisor yang berpengalaman sangat dibutuhkan oleh tim untuk mengukur pekerjaan dari tiap - tiap anggota tim.
3. Memiliki Sifat Pro Aktif
Seorang supervisor sangat diperlukan oleh anggota tim untuk dapat memberikan arahan agar pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan prosedur atau aturan yang berlaku.
Seorang supervisor harus berada selangkah lebih maju dari karyawan bawahannya dan siap dengan instruksi dan penyelesaian tanggung jawab yang tepat.
Supervisor yang memiliki sifat proaktif selalu mempunyai visi atau rencana ke depan dan mampu memecahkan masalah yang terjadi.
(baca juga : pengalaman kerja sebagai staff produksi)
4. Memiliki Sifat Kreatif
Seorang supervisor selalu dihadapkan dengan tantangan dan target baru yang harus dicapai. Oleh karena itu, seorang supervisor harus bisa menjadi orang yang kreatif dalam menerima tantangan dan tersebut.
Supaya bisa menjadi supervisor yang kreatif, kita harus selalu terbuka dengan ide-ide baru dan selalu berpikir tentang cara meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.
5. Bisa Berpikir Cepat Dalam Mengambil Keputusan
Perusahaan yang kuat harus siap menerima perubahan yang akan dihadapi dan selalu ada progres kinerja yang lebih baik dari waktu sebelumnya. Oleh sebab itu, seorang supervisor harus bisa menangkap ide-ide baru dengan cepat dalam menangani masalah yang sedang terjadi. Kemampuan dalam berpikir secara cepat sangat bermanfaat untuk menghadapi tantangan baru.
Seorang supervisor harus mampu menjadi seorang leader, bukan seorang bos. Dia adalah panutan atau teladan bagi para bawahannya, bukan pemerintah (orang yang suka memerintah) bagi bawahannya. Komunikasi dua arah sangat dibutuhkan bagi anggota timnya. Skill berkomunikasi sangat penting demi mewujudkan tujuan bersama.
(baca juga : perbedaan antara bos dan leader)
Supervisor harus mampu membimbing dan mengayomi. Bersifat sebagai seorang teman terhadap bawahannya, namun tetap bertindak tegas terhadap aturan dan prosedur. Tegas bukan berarti memarahi, teguran bisa bersifat seperti nasehat yang membangun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar