Minggu, 11 Agustus 2019

Perbedaan Antara Bos Dan Leader (Pemimpin)

Di dalam kehidupan sehari – hari, khususnya di dunia kerja, kita seringkali mendengar kata bos dan leader. Bos dan leader identik dengan orang yang memiliki sebuah jabatan dan memiliki bawahan. Bos dan leader adalah dua kata yang digunakan untuk menyebut seseorang yang menjadi atasan dan membawahi suatu organisasi bisnis. Namun, antara bos dan leader keduanya memiliki makna yang berbeda.
Seringkali kata bos memberikan kesan yang negatif. Bila kita menyebut seseorang dengan kata ‘’bos’’, maka orang tersebut seperti berperilaku kurang baik. Tidak seperti kita bila menjuluki seseorang dengan kata ‘’leader’’, yang terlihat berperilaku positif. Bos adalah seseorang yang memiliki posisi lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang yang ia tangani di sebuah organisasi.
Leader adalah pemimpin, yaitu seseorang yang memiliki posisi lebih tinggi yang mampu mengarahkan orang – orang yang ia tangani dalam mencapai tuuan bersama. Sederhananya, seorang bos lebih banyak memberi perintah kepada bawahan dalam mencapai tujuan. Berbeda dengan seorang leader, leader lebih banyak memberi nasehat dan arahan kepada bawahannya dalam mencapai tujuan bersama.
(baca : cara membuat curriculum vitae (CV) yang menarik agar dilirik HRD)
Bos lebih banyak memberikan tekanan, sedangkan leader lebih banyak memberikan motivasi. Bos cenderung menyuruh, sedangkan leader cenderung mengajak. Bila terjadi suatu masalah, bos akan menyalahkan dan memarahi para bawahannya. Sedangkan leader akan duduk bersama dan berdiskusi dengan bawahannya untuk bersama – sama memecahkan masalah.
Seorang leader lebih peduli dengan kondisi lingkungan dan bawahannya. Dia memiliki jiwa untuk membangun dan mengembangkan potensi para bawahannya melalui proses belajar, bukan hanya pencapaian target pekerjaan. Berbeda dengan bos yang cenderung lebih mementingkan memberi pekerjaan tanpa memperdulikan apapun kecuali target pekerjaan.
(baca : waktu yang tepat untuk mengajukan resign)
Kesimpulannya, seorang leader sudah pasti seorang bos, namun seorang bos belum tentu seorang leader. Bila kita memiliki sifat layaknya seorang bos, maka kita tidak perlu bangga dengan hal itu. Semua orang bisa menjadi bos, tetapi tidak mudah untuk menjadi seorang pemimpin yang baik dan bijak dalam suatu organisasi.
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, salam karir!

1 komentar: