Jumat, 12 Agustus 2022

Cerita Melamar Kerja Di Djarum Pusat


PT Djarum adalah salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Perusahaan ini berada di kabupaten Kudus provinsi Jawa tengah. Banyak orang yang ingin bekerja di perusahaan tersebut dikarenakan kesejahteraan di sana cukup menjanjikan.

PT Djarum adalah induk dari Djarum Group yang membawahi banyak bisnis. Bisnis tersebut dikelola oleh keluarga Hartono. Selain bisnis rokok kretek, Djarum Group juga memiliki unit bisnis yang lain seperti bank BCA, polytronperdagangan elektronik (Blibli) agen perjalanan daring (tiket.com), sumber kopi prima, dan sebagainya.

Kembali ke cerita pengalaman melamar kerja di djarum. Dikarenakan ingin segera mendapatkan pekerjaan setelah resign, saya memiliki niat untuk bekerja lagi di perusahaan manufaktur. Ketika saya mencoba mencari lowongan kerja di internet, tiba - tiba saya melihat bahwa di PT. Djarum sedang membuka lowongan staff produksi yang dimana lowongan tersebut sesuai dengan pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan saya sebagai lulusan teknik industri.

Setelah saya membuat lamaran kerja, saya langsung menuju ke kantor pusat Djarum di jalan Ahmad Yani no. 26 - 28 kec. Kota Kab. Kudus. Begitu sampai di depan kantor, saya ditemui satpam perusahaan. Kemudian saya menjelaskan ingin melamar kerja yang akhirnya dipersilahkan untuk parkir motor di tempat parkiran.

(Baca juga : profil PT. Nojorono, salah satu perusahaan rokok terbesar di kabupaten Kudus)

Saat saya mulai berjalan kembali dari tempat parkir menuju pos satpam, saya diarahkan menuju ruang resepsionis. Yang saya rasakan saat bertemu dengan orang - orang karyawan Djarum sungguh tak biasa. Mereka sangat ramah dan murah senyum ketika berpapasan dengan saya. Begitu juga dengan satpam / security-nya, sangat hormat. Seakan - akan saya seperti karyawan yang memiliki jabatan tinggi di Djarum. Saya tidak tahu mengapa bisa demikian, mungkin memang budaya perusahaan seperti itu, menghormati setiap tamu yang datang meskipun hanya sekedar menaruh lamaran kerja.

Setelah sampai di tempat resepsionis / ruang lobby, saya dipersilahkan untuk menulis daftar tamu hadir dan keperluannya. Saya tulis nama, alamat dan keperluannya yaitu melamar pekerjaan. Setelah itu satpam membawa surat lamaran kerja saya, lalu saya dipersilahkan untuk menunggu panggilan jika sesuai dengan kriteria perusahaan. Akhirnya saya pun mengucapkan terima kasih lalu menuju ke tempat parkir kendaraan dan pulang ke rumah.

Itulah sekilas pengalaman saya melamar kerja langsung di kantor pusat djarum. Bila teman - teman tertarik untuk bekerja di PT. Djarum, teman - teman bisa meniru seperti yang saya lakukan. Atau kalau ingin melamar via online, bisa kunjungi career.djarum.com.

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar