Sabtu, 26 Desember 2020

Usaha Sampingan Untuk Karyawan Dengan Modal Kecil



Sebagai seorang karyawan, terkadang penghasilan kita tidak seberapa jika digunakan untuk menutupi kebutuhan hidup. Oleh karena itu, banyak diantara para karyawan yang berencana membuka usaha sampingan untuk menambah penghasilan di luar gaji bulanannya.

Usaha atau bisnis sampingan untuk karyawan merupakan hal yang lumrah dan tidak dilarang oleh perusahaan asalkan tidak mengganggu jam kerja. Namun banyak dari para karyawan yang belum bisa atau belum berani memulai usaha sampingannya karena alasan modal.

Banyak orang yang beranggapan bahwa suatu bisnis harus memiliki modal besar untuk menjalankannya. Bahkan beberapa dari mereka rela meminjam uang ke bank sebagai jalan alternatif untuk menjalankan modal usaha.

(Baca juga : cara negosiasi gaji saat interview)

Hal yang tidak diinginkan yaitu jika bisnis tersebut gagal, ujung-ujungnya, bukan penghasilan tambahan yang diperoleh, namun stres dan pusing karena harus membayar cicilan dan bunga pinjaman dari bank.

Untuk menjalankan bisnis sampingan, kita bisa menjalankannya dengan modal kecil. Berikut 17 ide usaha sampingan yang perlu Rp 10 juta atau kurang untuk memulainya.

1. Jualan Pulsa Elektrik

Menjual pulsa merupakan ide bisnis yang menjajikan karena meningkatnya pengguna telepon seluler. Bila kita ingin berbisnis pulsa, kita bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Selain tidak berbentuk kartu yang perlu tempat, pulsa elektrik diaktifkan melalui telepon genggam kita sehingga relatif tidak merepotkan.

Untuk memulai bisnis pulsa elektrik, modalnya berkisar dari Rp 1 juta s.d Rp 3 juta. Calon konsumen bisa saja dari teman sepekerjaan atau saudara kita.

2. Menjual makanan untuk sarapan 

Menyediakan makanan untuk sarapan merupakan ide bisnis sampingan yang cukup menjanjikan. Sebab, banyak di antara karyawan yang kerepotan menyediakan sendiri sarapannya di pagi hari.

Kita bisa memanfaatkan halaman depan rumah Anda untuk menjual makanan tersebut. Selain itu, menu yang Anda tawarkan bisa beragam, antara lain bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, dan gorengan.

3. Membuat blog

Ngeblog sedang ngetren dalam lima tahun terakhir ini. Oleh karena itu, ngeblog bisa kita jadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang tambahan.

Pondasi untuk menghasilkan banyak uang dari blog adalah postingan berkualitas. Kita bisa mencobanya dengan menulis postingan sesuai pekerjaan kita saat ini.

Seperti yang saya lakukan saat ini, saya menulis artikel tentang penerapan teknik industri di dunia kerja. Dari menulis blog ini saya mendapatkan penghasilan dari iklan yang tayang melalui jasa penyedia iklan bernama popads.

4. Jasa les privat

Apakah kita memiliki keterampilan dalam berbahasa atau bermusik? Jika ya, keterampilan tersebut bisa kita jadikan usaha sampingan dengan mendirikan jasa les privat.

Bukan hanya menghasilkan uang, les privat tersebut bisa juga dapat mengasah keterampilan sehingga kita tidak akan melupakan ilmunya.

Sebagai contoh, jika kita yang mahir berbahasa Inggris bisa membuka kursus bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah dasar yang ada di lingkungan tempat tinggal kita.

5. Jasa pengetikan dan penerjemahan

Untuk usaha yang satu ini, sebaiknya kita lakukan di sekitar tempat tinggal yang berdekatan dengan lingkungan sekolah atau kampus. Banyak dari siswa dan mahasiwa yang malas mengetik tugas atau skripsinya maupun buku - buku yang berbahasa asing (Inggris).

Masalah tarif, kita bisa menawarkan tarif per halaman atau jumlah kata. Sebagai contoh, Rp 2.000 untuk per halaman.

(Baca juga : 5 perusahaan batubara terbesar di Indonesia)

Itulah beberapa usaha sampingan yang bisa dirintis oleh seorang karyawan yang bekerja di perusahaan. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar