Senin, 09 September 2019

Pilih Bekerja Di Perusahaan Besar Atau Di Perusahaan Kecil?

Semua orang pasti bangga jika berhasil meniti karier di sebuah perusahaan yang sudah maju. Apalagi bila dia seoranh fresh graduate yang terpilih lolos mengalahkan ribuan pelamar yang lain. Tentunya kita juga penasaran ada rahasia apa dibalik kesuksesan perusahaan-perusahaan besar tesebut. Hal ini tentu akan membuat karyawan tersebut ingin menimba ilmu dan pengalaman. Selain itu juga pastinya ingin memperluas relasi mereka.
Bagaimana dengan yang bekerja di perusahaan kecil? bekerja di perusahaan yang belum memiliki nama. Namun, tawaran gaji lebih tinggi dibanding dengan perusahaan besar. Manakah yang harus dipilih, bangga bekerja di perusahaan besar, atau gaji besar di perusahaan kecil? terkadang hal ini menjadi dilema yang menghantui para pelamar.
Bekerja di Perusahaan Besar
Bekerja di perusahaan yang besar dan sudah mapan sangat bagus untuk pencitraan di CV kita. Dengan adanya nama perusahaan besar yang reputasinya cukup baik, maka akan membuat CV kamu lebih diperhitungkan oleh HRD. Bisa dikatakan juga, jalan untuk mendapat pekerjaan baru lebih terasa mudah. Terlebih lagi bila dilengkapi dengan surat rekomendasi dari perusahaan.
(baca juga : PT Astra International Tbk)
Perusahaan besar yang sudah berpengalaman biasanya memiliki hubungan kemitraan yang luas. Karyawan yang jumlahnya banyak akan memberi keuntungan bagi kita dalam menjalin relasi dan networking. Dengan networking yang kuat di awal karier akan membuka peluang berkarir di tempat yang lain.
Dalam mengelola tenaga kerja yang berkualitas, perusahaan besar kerap kali mengadakan training atau pelatihan. Kegiatan ini diadakan secara berkala untuk pengembangan potensi diri karyawannya. Perusahaan besar yang sudah maju pastinya menyadari, bahwa karyawan adalah bagian dari aset bisnis perusahaaan. Melalui training - training tersebut, para karyawan diharapkan akan lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja.
(baca juga : cara melamar kerja yang efektif)
Kontribusi dan peran kita tidak akan begitu besar. Orang yang berada di atas dan memiliki tanggung jawab besar adalah orang yang sudah lebih berpengalaman di bidangnya. Yang kita lakukan, dampaknya tidak terlalu kelihatan.
Perusahaan besar dari segi aturan dan keuangan jauh lebih stabil. Pekerjaan akan cenderung monoton. Jika terdapat perubahan strategi perusahaan, akan direncanakan dalam jangka waktu yang lama.
Bekerja di Perusahaan Kecil
Bekerja di perusahaan kecil akan lebih sering berurusan langsung dengan para pimpinan perusahaan. Nilai positifnya yaitu kita bisa mendapat ilmu serta mendengar pengalaman mereka secara langsung.
Perusahaan kecil juga tidak terlalu sulit dalam hal urusan birokrasi. Setiap gagasan yang kita miliki bisa dengan mudah langsung sampai ke atasan. Bahkan bisa langsung diproses. Semakin banyak ide yang bisa kita usulkan, maka akan semakin kreatif.
Kita akan siap menggali ilmu secara otodidak. Kita juga bisa mempelajari setiap proyek yang ada. Apabila kita bisa bersikap pro aktif, maka banyak ilmu berharga yang bisa kita raih.
(baca juga : perbedaan antara bos dan leader)
Pastinya kita akan menghadapi banyak trial and error. Perusahaan kecil selalu melakukan testing untuk mencoba menjalankan sebuah strategi. Perusahaan kecil kebanyakan belum memiliki standar atau prosedur yang baku untuk menjalani proses bisnisnya.
Di perusahaan kecil, peran kita akan lebih terasa. Peran tersebut sangat berguna sebagai pengalaman untuk tumbuh menjadi seorang lebih profesional. Hal ini tentu saja menjadi modal berharga bagi kita untuk mengembangkan karir.
(baca juga : kemampuan yang harus dimiliki oleh supervisor)
Sekarang pilihan ada di tangan anda, ingin bekerja di perusahaan besar atau perusahaan kecil? Menurut saya lebih baik bekerja di perusahaan besar terlebih dahulu sebagai start awal karir bekerja. Dengan pengalaman kerja di perusahaan besar yang sudah teratur dari segi prosedur dan aturan kerjanya, bisa kita aplikasikan pengalaman dan skill kita pada perusahaan kecil, sehingga kita terlihat menjadi orang yang berkontribusi besar di perusahaan kecil. Hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar