Minggu, 25 Agustus 2019

PT Astra International Tbk

Sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, PT Astra International Tbk menjadi incaran para pencari kerja untuk berkarir. Alasannya adalah selain gaji yang besar untuk seorang freshgraduate, perusahaan ini juga memperhatikan pengembangan skill karyawannya yang memiliki banyak jenis bidang usaha yang bergerak di berbagai sektor.
(baca juga : tentang PT Pertamina)
Astra International adalah perusahaan multinasional yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1957 dengan nama PT Astra International Incorporated. Kemudian pada tahun 1990, perseroan mengubah namanya menjadi PT Astra International Tbk. Perusahaan ini tercatat di Bursa Efek Jakarta pada tanggal 4 April 1990. Kemudian per tanggal 30 Juni 2018, mayoritas saham Astra dimiliki oleh Jardine Cycle & Carriage Ltd. sebesar 50,11%.
Ruang lingkup kegiatan perusahaan yaitu perdagangan umum, perindustrian, jasa pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan dan jasa konsultasi. Sedangkan ruang lingkup kegiatan yang utama entitas anak perusahaan meliputi bisnis perakitan dan penyaluran mobil, sepeda motor dengan suku cadangnya, penjualan dan penyewaan alat berat, pertambangan dan jasa terkait, pengembangan perkebunan, jasa keuangan, infrastruktur dan teknologi informasi.
(baca juga : tentang PT Wings Group)
Berikut ini adalah bidang usaha yang dimiliki oleh PT. Astra International Tbk :
Otomotif
Lini bisnis otomotif mencakup bisnis kendaraan roda empat, kendaraan roda dua, komponen pendukung kendaraan, serta berbagai produk dan jasa terkait otomotif lainnya. Berbagai anak usaha lini bisnis otomotif di antaranya Toyota-Astra Motor, Astra Daihatsu Motor, Isuzu Astra Motor Indonesia, Astra Honda Motor, Astra Otoparts, dan Astra World.
Jasa Keuangan
Lini bisnis jasa keuangan mencakup bisnis jasa perbankan, pembiayaan mobil, pembiayaan alat berat, pembiayaan sepeda motor, asuransi jiwa, dan asuransi umum. Berbagai anak usaha lini bisnis jasa keuangan di antaranya Bank Permata, Astra Sedaya Finance, Toyota Astra Financial Services, Federal International Finance, Komatsu Astra Finance, Asuransi Astra Buana, dan Astra Aviva Life.
(baca juga : bekerja di perusahaan besar atau perusahaan kecil?)
Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi, dan Energi
Lini bisnis alat berat, pertambangan, konstruksi, dan energi mencakup perdagangan dan penyewaan mesin konstruksi, kontraktor pertambangan, pertambangan batu bara, konstruksi, dan energi. Berbagai anak usaha lini bisnis ini di antaranya United Tractors, Pamapersada Nusantara, Acset Indonusa, Bhumi Jati Power, dan Tuah Turangga Agung.
Agribisnis
Lini bisnis agri mencakup perkebunan kelapa sawit, pabrik pengolahan minyak sawit, peternakan, dan perdagangan komoditi. Berbagai anak usaha dalam lini bisnis ini di antaranya Astra Agro Lestari, Tanjung Sarana Lestari, Tanjung Bina Lestari, dan Agro Menara Rachmat.
Infrastruktur dan Logistik
Lini bisnis infrastruktur dan logistik mencakup infrastruktur umum, jalan tol, logistik, dan pelabuhan laut. Berbagai anak usaha di antaranya Astra Tol Nusantara (sebelumnya Astratel Nusantara), Serasi Autoraya, Marga Mandalasakti, Marga Trans Nusantara, Trans Marga Jateng, dan Pelabuhan Penajam Banua Taka.
(baca juga : sistem produksi toyota)
Teknologi Informasi
Lini bisnis teknologi industri mencakup solusi dokumen, layanan kantor, serta teknologi informasi dan komunikasi. Berbagai anak usaha dalam lini bisnis ini di antaranya Astra Graphia dan Astra Graphia Information Technology.
Properti
Lini bisnis properti mencakup properti komersial dan perdagangan properti. Berbagai anak usaha dalam lini bisnis ini di antaranya Menara Astra, Astra Land Indonesia, dan Astra Modern Land.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar